Home / Kabar Desa / Musrenbang Desa Jangan Hanya Jadi Formalitas Tahunan

Musrenbang Desa Jangan Hanya Jadi Formalitas Tahunan

Kabar Desa – Musyawarah Perencanaan Pembagunan Desa atau disingkat MusrebangDes, hari ini Rabu (27/01) digelar di kantor Desa Sungai Kakap. Kegiatan yang dihadiri langsung Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Kubu Raya H.Sudiono Supyanto tersebut diapresiasi disambut baik oleh peserta yang hadir.Terlihat Hadir Juga Kabid Pemberdayaan Masyarakat Suharto, Camat Sungai Kakap Rusfendi Usman, PJOK Nazarudin Rizal, Pendamping Desa Kecamatan Syf.Lia Malinisari.

Musrebang Desa dibuka langsung oleh Sekretaris Desa Sungai Kakap Ibrahim Muhammad. Dalam kesempatannya ia juga menyampaikan salam dan permintaan maaf dari Kepala Desa Sungai Kakap Hendri Oktavia yang tidak bisa turut menghadiri pelaksanaan musrenbang Desa dikarenakan sedang melaksanakan Umroh.

Camat Sungai Kakap Drs.Rusfendi Usman dalam sambutannya mengingatkan kepada Kepala Desa untuk berhati-hati menggunakan Dana Desa. Ini dikarenakan penggunaan dana desa dari pusat itu langsung dipantau oleh Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK).” Pengunaan Desa Desa ini mesti tepat sasaran dan dengan perencanaan yang matang, serta mesti ditercantum dalam Dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJEMDes)” tegasnya.

“ Dalam kaitan dengan Musrenbang Desa ini mesti dibedakan usulannya antara sumber pembiayaan melalui APBD dan Dana Desa. Apa yang diusulkan melalui Musrenbangdes ini lebih berfokus pada pembiayaan yang bersumber dari APBD Kubu Raya. Sementara untuk usulan yang bersumber baik dari Alokasi Dana Desa (ADD) maupun Dana Desa , tidak boleh dimasukan dalam usulan Musrenbang Desa “ tambahnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala BPMPD Kubu Raya H.Sudiono Supiyanto, dalam pemaparannya ia mengatakan, apa yang dilakukan hari ini merupakan alur yang mesti dilakukan oleh Pemerintah Desa dan sudah diatur dalam peraturan yang berlaku. Dengan harapan semua kebutuhan pembangunan bisa diakomodir oleh Pemerintah Daerah. ” Usulan yang sudah masuk dan dianggarkan dalam APBD tidak perlu lagi dimasukan dalam musrebang ini”.Tegasnya.

Salah seorang peserta yang hadir disela-sela pertemuan tersebut mempertanyakan tentang Hasil musrebang tahun lalu. Menurutnya Pemerintah mesti lebih serius mendorong dan mengawal hasil MusrebangDesa ini sampai ketingkat kabupaten. Karena banyak sekali usulan hasil tahun lalu tidak diakomodir di tahun anggaran 2016 ini. Bukan hanya sekedar formalitias belaka pelaksanaan musrenbang ini (adm)

About admindesa

Check Also

poster apbdes tahun 2016

Pemdes Sungai Kakap Rilis Poster Grafis APBDes Tahun Anggaran 2016

Desa.ID- Pemerintah Desa Sungai Kakap merilis Poster Info Grafis Tranpransi APBDes Tahun 2016. Poster APBdes …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *