Home / Kabar Desa / Pemdes Sungai Kakap Gelar MusDes Penyusunan RKP 2017

Pemdes Sungai Kakap Gelar MusDes Penyusunan RKP 2017

Sungaikakap.desa.id- Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) merupakan penjabaran dari visi dan misi Desa yang dituangkan dalam bentuk Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM-Desa). Dokumen RKP-Desa ini dipandang penting sebagai pedoman Pemerintah Desa bersama masyarakat untuk melakukan upaya-upaya yang sudah terencana dalam rangka mencapai kemajuan dan kesejahteraan yang lebih baik setiap tahun anggaran.

Berdasarkan Undang – undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, Desa adalah desa dan desa adat atau yang disebut dengan nama lain, selanjutnya disebut Desa, adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan,     kepentingan masyarakat                setempat berdasarkan prakarsa Masyarakat, hak asal usul, dan/atau hak tradisional yang diakui dan dihormati dalam sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Terdapat perspektif dan semangat otonomi yang termuat dalam UU Desa No.6 Tahun 2014 yaitu desa mempunyai hak dan kewenangan untuk mengambil keputusan tentang perencanaan dan penganggaran secara mandiri.Dalam prespektif pembangunan desa, posisi sistem penganggaran seperti yang dimuat dalam UU Desa merupakan sarana yang harus dipandang sebagai perwujudan amanah rakyat yang teknisnya dilakukan pemerintah desa bagi kemakmuran rakyat, karena rakyat yang memberi kuasa.

Oleh Karena itu,Pemerintahan Desa Sungai Kakap dimotori  Badan Permusyawaratan Desa (BPD)Sungai Kakap menggelar Musyawarah Desa  (Musdes)  Rencana  Kerja Pemerintah  Desa (RKP) Tahun 2017 yang dilaksanakan pada hari kamis (25/8) bertempat di kantor Desa Sungai Kakap. Musyawarah yang dipimpin oleh Ketua BPD Sungai Kakap Istiqomah ,S.Pd.I tersebut dihadiri langsung Kepala Desa Sungai Kakap beserta Perangkat Desanya,Pendamping Lokal Desa, Para Ketua RW, Ketua RT, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Serta beberapa lembaga atau instansi di wilayah administratif Desa Sungai Kakap. Penyelenggaraan Musdes tersebut dianggap penting guna membangun tingkat partisipasi masyarakat dalam merencanakan pembangunan desa pada tahun 2017 yang akan datang.

Kepala Desa Sungai Kakap dalam penyampaiannya  berharap rencana yang disusun sesuai  arah kebijakan pembangunan yang akan dilaksanakan oleh pemerintah desa sebagaimana yang sudah dituangkan dalam Rencan Pembangunan Jangk20160825_143524a Menengah Desa (RPJM-Desa) .“ Tentunya dari sekian banyak pembangunan yang diusulkan oleh masyarakat, juga akan menyesuaikan alokasi dana desa dan dana desa yang tersedia ditahun 2017 mendatang” tuturnya.

“ Dari sekian banyak usulan masyarakat akan kita tampung, dan kami pemerintah desa akan melakukan upaya survei kelayakan usulan,apakah itu bersifat mendesak dan sangat dibutuhkan masyarakat atau tidak” ujarnya. Ia juga berharap semua elemen masyarakat bahu membahu dan turut serta mendorong terciptanya pembangunan yang berkualitas guna mewujudkan desa sungai kakap yang harmonis, maju dan berkarakter.(admin)

sungaikakap.desa.id
Para Peserta Dalam MusDes Penyusunan RKP Tahun 2017
sungaikakap.desa.id
Para Peserta Dalam MusDes Penyusunan RKP Tahun 2017

About admindesa

Check Also

poster apbdes tahun 2016

Pemdes Sungai Kakap Rilis Poster Grafis APBDes Tahun Anggaran 2016

Desa.ID- Pemerintah Desa Sungai Kakap merilis Poster Info Grafis Tranpransi APBDes Tahun 2016. Poster APBdes …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *