Home / Pemerintahan

Pemerintahan

Struktur Pemerintahan Desa

VISI & MISI

Visi

Terwujudnya pemerintahan desa dan masyarakat yang berdaya dan mampu menciptakan sumberdaya ekonomi berbasis kerakyatan secara mandiri dan berkelanjutan sebagai desa pertanian, perikanan dan pariwisata

Misi

  1. Mengoptimalkan fungsi dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat
  2. Meningkatkan Kuantitas dan kualitas kinerja aparatur dan lembaga desa
  3. Bersama masyarakat dan kelembagaan desa menyelenggarakan pemerintahan dan melaksanakan pembangunan yang partisipatif.
  4. Bersama masyarakat dan kelembagaan desa dalam mewujudkan Desa Sungai Kakap yang aman, tentram dan damai.
  5. Bersama masyarakat dan kelembagaan desa memberdayakan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  6. Meningkatkan pengelolaan pariwisata dan budaya di Desa Sungai Kakap meliputi penggalian, perlindungan, pelestarian, pengembangan dan pemanfaatan budaya dan pariwisata untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.
  7. Meningkatkan mekanisme sistem perencanaan kegiatan pembangunan wilayah desa.

Nilai-nilai yang melandasi:

  • Selama bertahun-tahun Desa Sungai Kakap dikenal dengan hasil pertanian dan hasil perikanannya,disisi lain Desa Sungai Kakap memiliki objek pariwisata yang sudah dikenal masyarakat Kalimantan Barat.
  • Sebagian besar warga Petani dan buruh tani juga ada yang memelihara hewan ternak dalam jumlah yang cukup, biasanya hanya digunakan untuk investasi jangka pendek.

Makna yang terkandung :

  • Terwujudnya : Terkandung didalamnya peran pemerintah dalam mewujudkan   Desa Sungai Kakap yang mandiri dan berdaya secara ekonomi
  • Desa Sungai Kakap : adalah satu kesatuan masyarakat hukum dengan segala potensinya dalam sistem pemerintahan di wilayah Desa.
  • Mandiri dan berkelanjutan : Adalah suatu kondisi kehidupan yang kreatif, inovatif, produktif dan partisipatif sehingga mampu memenuhi kebutuhannya sendiri dan terus menerus
  • Pertanian & perikanan dan Pariwisata : Bahwa sektor Pertanian & perikanan adalah hal utama dalam perekonomian, sehingga tidak akan terjadi rawan pangan dan gizi di Desa Sungai Kakap dengan tetap melestarikan dan menjaga potensi pariwisata yang dimiliki.

*)  bersumber dari dokumen RPJM Desa Sungai Kakap 2015-2021